Cara Download Cara Mudah Budidaya Talas untuk Pakan Ternak Bebek Petelur Update Terbaru

Sedikit Info Seputar Cara Mudah Budidaya Talas untuk Pakan Ternak Bebek Petelur Terbaru 2017 - Hay gaes kali ini team Free Template BLogspot.Com, kali ini akan membahas artikel dengan judul Cara Mudah Budidaya Talas untuk Pakan Ternak Bebek Petelur, kami selaku Team Free Template BLogspot.Com telah mempersiapkan artikel ini untuk sobat sobat yang menyukai Free Template BLogspot.Com. semoga isi postingan tentang Artikel Agribisnis, yang saya posting kali ini dapat dipahami dengan mudah serta memberi manfa'at bagi kalian semua, walaupun tidak sempurna setidaknya artikel kami memberi sedikit informasi kepada kalian semua. ok langsung simak aja sob
Judul: Berbagi Info Seputar Cara Mudah Budidaya Talas untuk Pakan Ternak Bebek Petelur Terbaru
link: Cara Mudah Budidaya Talas untuk Pakan Ternak Bebek Petelur

"jangan lupa baca juga artikel dari kami yang lain dibawah"

Berbagi Cara Mudah Budidaya Talas untuk Pakan Ternak Bebek Petelur Terbaru dan Terlengkap 2017

Cara Mudah Budidaya Talas untuk Pakan Ternak Bebek Petelur- Sahabat, tentunya Anda tahu bahwa pelepah dan daun talas dapat dimanfaatkan sebagai pakan ternak seperti pakan ternak bebek/itik, babi, mentok, ayam, dan jenis ternak lainnya. Namun pada kesempatan kali ini saya akan menyampaikan pengalaman tentang cara budidaya talas jenis talas babi sebagai pakan ternak, khususnya ternak bebek petelur, karena jenis talas lainnya seperti talas bogor, talas banten, talas besono, dan talas yang biasa dikonsumsi oleh kita, kiranya disayangkan jika dibudidayakan untuk pakan ternak. Jika kita mau budidaya talas yang biasa dikonsumsi oleh kita, ada baiknya juga tujuan budidayanya untuk konsumsi manusia.

Pengalaman beternak bebek petelur

Budidaya bebek petelur memang sangat menguntungkan. Hal ini terjadi jika kita punya modal yang cukup dan bisa memberi makan bebek dengan pakan ternak alternatif yang kiranya tidak terlalu mengeluarkan biaya.

Para peternak bebek petelur biasanya memberi makan bebek dengan pakan ternak bekatul. Jika hanya mengandalkan bekatul maka keuntungannya kurang bisa memuaskan. Oleh karena itu, para peternak seringnya mengumbar bebeknya dengan cara angon bebek di tempat yang kiranya banyak makanan tambahan, misalnya bebek dibawa ke sawah setelah masa panen padi di musim hujan tiba.

Saya sendiri punya sedikit pengalaman memelihara bebek petelur walaupun jumlahnya sediit. Waktu itu saya hanya memelihara 12 ekor bebek. Setiap pagi bebek-bebek tersebut saya beri makan dengan bekatul. Kadang juga adonan bekatul saya campuri dengan nasi king.

Harga bekatul dan nasi king cukup mahal sehingga keuntungan yang saya dapat pun hanya sedikit. Oleh karena itu saya berpikir agar keuntungan budidaya bebek petelur apat menghasilkan keuntungan yang memuaskan.

Berbekal pengetahuan bahwa pelepah dan daun talas ternyata bisa dimanfaatkan sebagai pakan ternak, saya mencoba pergi ke sungai untuk mencari talas liar yang biasa tumbuh di tepi sungai. Menurut informasi dari Nenek saya, bahwa nama talas liar yang seringnya dijumpai di tepi sungai atau aliran irigasi adalah jenis talas babi.

Talas babi adalah talas liar yang warnanya ungu tua atai ungu kehitaman. Talas babi belum banyak dimanfaatkan oleh manusia karena getah talas ini sangat gatal jika terkena kulit kita. Ubi dari umbi talas babi juga sampai saat sekarang belum ada yang berani mengkonsumsinya karena rasa gatalnya ubi jenis talas ini. Talas ini disebut talas babi karena mungkin jenis talas ini sering dimanfaatkan sebagai pakan ternak babi.

Setelah saya mendapatkan talas babi, selanjutnya pelepah dan daunnya saya potong/rajang menjadi tipis/kecil kemudian potongan-potongan talas tersebut saya campur dengan sedikit bekatul. Kedua bahan pakan ternak itu saya masukkan ke wadah kemudian saya siram dengan air hangat. Setelah adukkan jadi, langsung saya berikan ke bebek. Ternyata bebek-bebek menikmatinya dengan sangat lahapnya.

Hari-hari berikutnya, saya juga selalu memberi makan bebek saya dengan pakan bekatul campur talas babi. Dengan rutin memberi makan bebek dengan campuran talas babi tentunya memperkecil pengeluaran keuangan dalam hal pakan ternak. Jadi keuntungan yang saya dapatkan pun semakin banyak.

Cara budidaya talas babi untuk pakan ternak bebek petelur

Cara Mudah Budidaya Talas untuk Pakan Ternak Bebek Petelur
 Budidaya Talas sebagai Pakan Ternak

Talas babi dapat tumbuh liar dengan suburnya di tanah yang basah. Kebetulan di belakang rumah saya ada sungai yakni sungai Jatinegara, Kecamatan Sempor, Kabupaten Kebumen. Di sungai Jatinegara banyak tumbuh talas babi. Tumbuhan talas babi memiliki akar/umbi yang kuat sehingga ketika sungai banjir, tanaman talas babi pun tetap berdiri dengan kokohnya.

Dengan banyaknya talas babi di sungai Jatinegara, saya tidak perlu membudidayakannya dalam jumlah banyak karena tanpa budidaya banyak pun, setiap hari saya bisa mendapatkannya dengan cara mencari di sepanjang sungai itu.

Saat ada teman atau orang mengetahui saya mencari talas babi, mereka pun bertanya tentang kegunaannya. Saya pun menjawabnya untuk pakan ternak bebek. Namun hingga saat ini belum ada teman peternak lainnya yang ikut-ikutan memanfaatkan talas babi sebagai pakan ternak bebek, sehingga setiap hari saya sangat mudah mendapatkan talas babi.

Walaupun demikian, agar saya tidak perlu jauh-jauh mendapatkan talas babi, maka saya pun mencoba untuk membudidayakkannya dengan memanfaatkan tanah di tepi sungai yang epat di belakang rumah saya. Cara budidaya talas babi sangat mudah yakni hanya dengan menanam umbinya maka talas tersebut bisa dengan cepat tumbuh dan berkembangbiak.

Bagi Anda yang ingin bebeknya bertelur lancar tanpa mengeluarkan biaya yang banyak, silakan dicoba dengan memanfaatkan talas babi sebagai tambahan makanan ternak. Dan bagi Anda yang ingin budidaya talas babi, silakan dicoba karena nilai bisnis budidaya talas babi cukup menjanjikan. Mungkin saat ini di daearah Anda belum ada yang budiadaya talas babi, jadi peluang bagi Anda sangat lah besar sebagai pencetus/pemula budiadaya talas babi di daerah Anda. Semangat mencoba.

Demikian tentang Cara Mudah Budidaya Talas untuk Pakan Ternak Bebek Petelur. Semoga artikel ini bermanfaat.

Itulah sedikit Artikel Cara Mudah Budidaya Talas untuk Pakan Ternak Bebek Petelur terbaru dari kami

Semoga artikel Cara Mudah Budidaya Talas untuk Pakan Ternak Bebek Petelur yang saya posting kali ini, bisa memberi informasi untuk anda semua yang menyukai Free Template BLogspot.Com. jangan lupa baca juga artikel-artikel lain dari kami.
Terima kasih Anda baru saja membaca Cara Mudah Budidaya Talas untuk Pakan Ternak Bebek Petelur